Hello World

Pedoman Tugas Akhir Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negri Samarinda

BAB  I

PENDAHULUAN

 

Karya Ilmiah yang disusun oleh mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negerin Samarinda disebut Laporan Tugas Akhir. Penulisan tugas akhir mahasiswa merupakan karya ilmiah yang disusun berdasarkan hasil penelitian ilmiah yang berkaitan dengan bidang kajian keilmuan administrasi bisnis dengan tujuan untuk menunjukkan adanya kemampuan dan sikap berpikir ilmiah secara mandiri dalam diri mahasiswa sebagai salah satu mata kuliah pada Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Samarinda. Mata kuliah tugas akhir ini memiliki bobot 4 (empat) SKS, 2 (dua) SKS teori dan 2 (dua) SKS praktek, yang ekuivalen dengan 8 (delapan) jam pertemuan perminggu.

1.1.    Batasan

Tugas akhir adalah karya tulis akademik yang disusun dengan cara dan bentuk yang sesuai dengan peraturan yang ditetapkan, berisi hasil dari tulisan ilmiah yang berguna bagi perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang berorentasi pada terapan, model atau desain. Dilakukan oleh mahasiswa jurusan Administrasi Bisnis Polteknik Negeri Samarinda di bawah pengawasan pembimbing, sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Assisten Ahli Madya (AMd).

1.2.    Tujuan

Penyusunan tugas akhir yang dilakukan mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis ini bertujuan untuk memberikan kemampuan seperti :

a)    Menghayati azas-azas keilmuan sehingga dapat berpikir, bersikap dan bertindak sebagai ilmu.

b)    Menguasai dasar-dasar ilmu dan metodologi penelitian dibidang kehaliannya sehingga dapat mengorganisasikan dan melaksanakan penulisan tugas akhir.

c)    Memperluas dan memperdalam pengetahuannya dalam bidang dan materi tugas akhirnya.

d)    Mampu mengkomunikasikan gagasan dan temuan secara tertulis dalam bentuk yang sesuai dengan kententuan.

1.3.    Pokok Penulisan

Pokok penulisan tugas akhir mahasiswa menitikberatkan pada persoalan atau permasalahan dalam bidang ilmu yang berkaitan dengan kekhususan Program Studi Administrasi Bisnis.

BAB II

PEMBIMBING

Mahasiswa yang melakukan proses penulisan tugas akhir, memperoleh pengarahan atau bimbingan dari 2 (dua) orang pembimbing yang telah memenuhi syarat dan berkemampuan untuk membimbing penulisan tugas akhir serta telah ditetapkan melalui Surat Keputusan Direktur Politeknik Negeri Samarinda.

2.1.    Kriteria

Pembimbing adalah staf pengajar Jurusan Administrasi Bisnis atau staf pengajar yang diperbantukan pada Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Samarinda yang mempunyai kriteria sebagai berikut:

a)    Berpendidikan minimal S1 atau D4 dan berpangkat lektor untuk pembimbing I dan Asisten Ahli untuk pembimbing II.

b)    Dianggap cakap dalam bidang ilmu yang diambil sebagai pokok bahasan dari tugas akhir.

c)    Bersedia bertindak sebagai pembimbing mahasiswa yang bersangkutan, dengan tugas dan tanggung jawab sebagaimana yang tercantum dalam uraian tugas pembimbing.

2.2.    Uraian Tugas

Pembimbing bertanggung jawab untuk mengarahkan dan membimbing mahasiswa pada semua tahapan kegiatan dalam proses penyusunan tugas akhir sampai dengan tersusunnya  hasil penelitian yang memenuhi syarat.

a)    Mengarahkan dan membimbing mahasiswa dalam menetapkan pokok penulisan tugas akhir.

b)    Mengarahkan dan membimbing mahasiswa dalam pelaksanaan proses penulisan tugas akhir.

c)    Bimbingan dan pengarahan dilakukan sekurang-kurangnya 6 (enam) kali pertemuan dari masing-masing pembimbing, terhitung sejak pengajuan judul. Setiap kegiatan bimbingan mahasiswa harus memiliki bukti berupa catatan yang memuat tanggal kegiatan, materi bimbingan dan tanda tangan pembimbing.

d)    Pembimbing berhak merivisi judul dan mengarahkan penulisan tugas akhir mahsiswa yang berorentasi pada terapan, model atau disain.

e)    Pembimbing I memberikan bimbingan pada isi materi dan pembimbing II pada teknik penulisan tugas akhir.

f)     Mendampingi mahasiswa dalam ujian tugas akhir.

2.3.   Pengangkatan dan Penggantian Pembimbing

Pengangkatan dan penggantian pembimbing diatur sebagai berikut:

a)    Jumlah pembimbing minimal 1 (satu) orang dan maksimal 2 (dua) orang.

b)    Pembimbing diusulkan oleh task force tugas akhir dan ditetapkan oleh ketua Jurusan Administrasi Bisnis lewat Surat Keputusan Direktur Politeknik Negeri Samarinda.

c)    Apabila karena sesuatu hal yang dipandang perlu untuk penggantian pembimbing, maka penggantian tersebut harus dengan persetujuan task force dan diketahui Ketua Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri samarinda.

 

2.4.    Task Force Tugas Akhir

Task force tugas akhir adalah staf pengajar Jurusan Administrasi Bisnis yang ditunjuk oleh Ketua Jurusan Administrasi Bisnis. Task force tugas akhir merupakan koordinator tugas akhir mahasiswa yang membantu jurusan dalam penanganan tugas akhir mahsiswa.

BAB III

PROSEDUR PENYUSUNAN

Tugas akhir disusun oleh mahasiswa yang telah memenuhi syarat akademik dan administrasi, dengan mengikuti prosedur akademik untuk dipertanggung jawabkan dalam ujian. Prosedur penyusunan tugas akhir meliputi prasyarat yang harus dipenuhi mahasiswa serta kegiatan penulisan tugas akhir.

3.1.    Prasyarat

Sebelum melaksanakan penyusunan tugas akhir, mahasiswa harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

a)    Telah melaksanakan praktek kerja lapangan

b)    Telah duduk pada semester VI (enam).

c)    Terdaftar sebagai mahasiswa pada semester yang sedang berjalan.

3.2.    Kegiatan penulisan Tugas Akhir

Kegiatan pembuatan tugas akhir dilaksanakan oleh mahasiswa yang meliputi pengajuan rencana judul tugas akhir, penetapan pembimbing, pelaksanaan penulisan tugas akhir, pelaksanaan ujian, penilaian tugas akhir, hasil sidang tugas akhir, penyerahan tugas akhir.

3.2.1.    Pengajuan Rencana Judul Tugas Akhir

Kegiatan ini dilaksanakan dengan prosedur sebagai berikut :

a)    Setelah mempunyai rencana judul dan topik yang berhubungan dengan bidang ilmu (program studi), mahasiswa mencari data awal (informasi awal), apakah mungkin topik tersebut dapat diteliti, melalui observasi (penjajakan).

b)    Setelah mengadakan observasi mahasiswa mengajukan rencana judul atau topik kepada task force tugas akhir Jurusan Administrasi Bisnis.

3.2.2      Penetapan Pembimbing

Setelah meneliti rencana judul atau topik yang diajukan mahasisawa, kemudian task force tugas akhir menetapkan calon pembimbing dengan persetujuan Ketua Jurusan Administarsi Bisnis. Penunjukan pembimbing oleh task force tugas akhir sesuai dengan bidang dan keahlian staf pengajar.

Ketua Jurusan mengajukan calon pembimbing kepada Direktur Politeknik Negeri Samarinda untuk dibuatkan Surat Keputusan sebagai pembimbing penyusunan tugas akhir mahasiswa.

3.2.3.  Pelaksanaan Penulisan Tugas Akhir

Dalam pelaksanaan penulisan tugas akhir melalui tahapan sebagai berikut:

a)    Setelah masing-masing mahasiswa mempunyai pembimbing, mahasiswa wajib berkonsultasi dengan pembimbing secara intensif dan berkesinambungan. Pemantauan proses konsultasi dilakukan oleh task force tugas akhir dengan pengisian kartu konsultasi.

b)    Jangka waktu pelaksanaan penulisan tugas akhir sedapat mungkin sesuai dengan jadwal yang ditetapkan. Waktu penulisan tugas akhir dilaksanakan pada semester VI (enam), Apabila tidak selesai dapat dilanjutkan pada semester berikutnya dengan mendaftar ulang dan membayar SPP.

c)    Hasil laporan tugas akhir dipresentasikan dan diuji dalam Ujian Tugas Akhir di depan Tim Penguji yang ditetapkan oleh task force tugas akhir dengan persetujuan Ketua Jurusan Administrasi Bisnis.

3.2.4   Pelaksanaan Ujian

Ujian tugas akhir dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut :

a)    Mendapat persetujuan dar pembimbing I dan pembimbing II.

b)    Dinyatakan lulus semua mata kuliah pada semester I sampai dengan V dan Indek Prestasi Kumulatif 2.00 atau sesuai dengan kebijakan Ketua Jurusan.

c)    Menyelesaikan semua persyaratan administratif yang telah diwajibkan.

d)    Menyerahkan naskah tugas akhir yang sudah ditandatangani pembimbing I dan pembimbing II untuk diujikan sebanyak 5 eksemplar dan belum dijilid.

e)    Tim penguji ditetapkan task force tugas akhir dengan persetujuan Ketua Jurusan Administrasi Bisnis sebanyak 3 (tiga) orang, ditambah Ketua sidang dan pendamping dari pembimbing.

f)     Sidang ujian dipimpin langsung oleh ketua sidang, dilaksanakan secara tertutup dan disampaikan secara lisan, tidak menutup kemungkinan diberikan secara tertulis.

g)    Apabila pembimbing I dan II berhalangan hadir, maka ujian dipimpin oleh ketua sidang yang ditunjuk oleh Ketua Jurusan Administrasi Bisnis.

h)    Ujian dilaksanakan maksimal selama 120 menit.

3.2.5.   Penilaian Tugas Akhir

Penilain tugas akhir mahasiswa sebagai berikut:

a.    Penilaian dilaksanakan secara komperhensif atas penguasaan materi ujian yaitu isi tugas akhir dan ilmu-ilmu pendukungnya.

b.    Setiap penguji memberikan nilai komperhensip atas jawaban mahasiswa terhadap pertanyaan penguji.

c.    Nilai ujian adalah nilai rata-rata dari semua penguji.

d.    Mahasiswa dinyatakan lulus dalam sidang ujian tugas akhir jika memperoleh nilai minimal rata-rata enam puluh dari penguji.

e.    Nilai akhir dari tugas akhir mahasiswa adalah nilai penguji ditambah nilai pembimbing yang dinyatakan dalam angka yang dikonfirmasikan ke nilai huruf dengan pedoman sebagai berikut:

Nilai Angka

Nilai Huruf

100  -  80

79,99  -  70

69,99  -  60

59,99  -  40

<  40

A

B

C

D

E

3.2.6.   Hasil Sidang Ujian Tugas Akhir

Ketentuan hasil sidang ujian tugas akhir sebagai berikut:

a)    Hasil sidang ujian tugas akhir diumumkan dalam rapat kelulusan ujian tugas akhir, yang langsung diumumkan oleh Ketua atau Sekretaris Jurusan Administrasi Bisnis, atau staf pengajar yang ditunjuk.

b)    Batas waktu perbaikan naskah tugas akhir paling lambat 1 (satu) bulan setelah rapat kelulusan ujian tugas akhir.

c)    Apabila perbaikan tugas akhir melebihi batas waktu yang ditentukan maka mahasiswa tidak di perbolehkan mengikuti yudisium tingkat jurusan.

3.2.7.   Penyerahan Tugas Akhir

Penyerahan tugas akhir mahasiswa sebagai berikut:

a)    Tugas akhir yang telah diperbaiki oleh mahasiswa harus disetujui dan ditanda tangani Pembimbing I dan II serta mengetahui Direktur Politeknik Negeri Samarinda.

b)    Tugas akhir yang telah diperbaiki oleh mahasiswa harus disetujui dan ditanda tangani oleh penguji 1, 2, dan 3 serta mengetahui Ketua Jurusan Administrasi Bisnis.

c)    Tugas akhir tersebut dijilid dengan format yang sesuai dengan pedoman dan digandakan sekurang-kurangnya 6 eksemplar.

d)    Tugas akhir mahasiswa masing-masing 1 (satu) eksemplar diserahkan kepada Pembimbing I, Pembimbing II, Perpustakaan Politeknik Negeri Samarinda, Perpustakaan Jurusan Administrasi Bisnis, dan Perusahaan atau Instansi tempat penilitian.

BAB IV

FORMAT TUGAS AKHIR

Penulisan tugas akhir terdiri atas bagian awal, bagian utama dan bagian akhir.

4.1.   Bagian Awal

Bagian awal terdiri atas sampul depan (cover), halaman judul, halaman pengesahan, halaman persetujuan, ringkasan, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, dan daftar lampiran.

4.1.1.    Sampul Depan

Sampul tugas akhir dijilid hard cover berwarna hijau muda (warna Jurusan Administrasi Bisnis). Kalimat atau kata dicetak dalam huruf kapital berwarna hitam dan ditempatkan ditengah-tengah ruas tulis (simetris kiri-kanan). Pada punggung sampul di cantumkan nama penulis, judul tugas akhir, dan tahun kelulusan. Contoh format sampul depan (cover) seperti pada lampiran 1.

4.1.2.    Halaman Judul

Halaman ini memuat tulisan yang sama dengan sampul depan (cover) akan tetapi dicetak di atas kertas putih yang sama dengan naskah. Halaman ini diperhitungkan sebagai halaman 1 (satu) dengan menggunakan format penomoran i, tetapi halaman ini tidak diberi nomor halaman tetapi tetap diperhitungkan. Contoh format halaman judul seperti pada lampiran 2.

4.1.3.   Halaman Pengesahan

Halaman pengesahan memuat judul karya ilmiah, yang menyatakan bahwa tugas akhir telah diterima dan disahkan.  Halaman ini  disetujui oleh pembimbing I dan pembimbing II, serta mengetahui oleh Direktur Politeknik Negeri Samarinda. Contoh format halaman judul seperti pada lampiran 3.

4.1.4.   Halaman Persetujuan

Halaman persetujuan terbuat dari kertas khusus bergambar bayang berbentuk lambang Politeknik Negeri Samarinda, yang menyatakan bahwa tugas akhir telah di ujikan dan di setujui. Halaman ini di tanda tangani oleh penguji 1, 2, dan 3 serta mengetahui Ketua Jurusan Administrasi Bisnis. Contoh format halaman judul seperti pada lampiran 4.

4.1.5.   Ringkasan

 

Ringkasan mencakup masalah tugas akhir, tujuan tugas akhir, metode tugas akhir, dan hasil-hasil tugas akhir. Di dalam ringkasan tidak boleh ada kutipan dari pustaka, jadi merupakan hasil uraian murni dari penulis. Isi ringkasan harus dapat di mengerti tampa harus melihat kembali pada materi laporan tugas akhir. Ringkasan di susun dengan jumlah maksimum 600 kata dan diketik satu spasi. Contoh format ringkasan seperti pada lampiran 5.

4.1.6.   Kata Pengatar

Kata pengantar memuat rasa syukur sehingga tulisan dapat disajikan, uraian singkat proses penulisan karya ilmiah dan penulis mengantarkan kepada pembaca agar dapat memahami isi tulisan, harapan penyempurnaan, mamfaat bagi yang membutuhkan. Contoh format kata pengantar seperti pada lampiran 6.

4.1.7.   Daftar isi

Daftar isi ini disusun secara teratur menurut nomor halaman. Contoh format daftar isi seperti pada pada lampiran 7.

4.1.8.   Daftar Tabel

Daftar tabel disusun secara berurut sesuai dengan nomor tabel dan halaman. Contoh format daftar tabel seperti pada lampiran 8.

4.1.9.   Daftar Gambar

Daftar gambar disusun secara berurut sesuai dengan nomor gambar dan halaman diletakan sesudah daftar tabel. Contoh format daftar gambar seperti pada lampiran 9.

4.1.10. Daftar Lampiran

Daftar lampiran diletakkan sesudah daftar gambar dan berisi urutan judul lampiran dan nomor halaman. Contoh format daftar lampiran seperti pada lampiran 10.

 

4.2.   Bagian utama

Bagian utama Tugas Akhir terdiri atas pendahuluan, tinjauan pustaka, metode penelitian,hasil penelitian,analisis dan pembahasan, serta simpulan dan saran.

4.2.1.    Pendahuluan

Pendahuluan memuat latar belakang yang menggambarkan secara jelas mengapa penelitian ini perlu dilaksanakan. Di samping itu, bagian ini menguraikan informasi tentang timbulnya suatu masalah sebelum masalah itu dirumuskan. Pendahuluan perlu pula dijelaskan tentang tujuan serta manfaat penelitian bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan kehidupan masyarakat serta sistematika penulisan.

a.    Latar Belakang

Latar belakang penulisan berisi tentang alasan pengambilan materi pokok bahasan. Pengangkatan materi rasional secara teoritis dan secara praktis di lapangan. Argumentasi dengan memberikan pentingnya pengangkatan judul. Pentingnya materi diangkat, yang dijabarkan dalam deskripsi paragraph yang jelas.

Latar belakang juga berisi tempat/obyek tempat Mahasiswa mengambil data lapangan yang diuraikan secara singkat. Penulisan secara terdeskripsi dari gambaran secara umum menuju gambaran secara khusus, atau sering disebut dengan penalaran induktif.

b.    Rumusan Masalah

Rumusan masalah ditulis dengan bentuk kalimat tanya. Merupakan permasalahan utama yang timbul dalam penulisan tugas akhir. Rumusan masalah dapat terdiri dari 1 (satu) atau lebih.

c.    Tujuan Penulisan

Tujuan penulisan diungkapkan dalam kalimat tunggal. Tujuan harus dapat dicapai dalam waktu yang relative singkat. Tujuan penulisan dapat dirinci menjadi tujuan umum dan tujuan khusus.

d.    Sistematika Penulisan

Sistematika penulisan merupakan gambaran umum dari pokok – pokok bab dan sub bab yang akan ditulis dalam tugas akhir. Sistematika penulisan ditulis dalam bentuk deskripsi paragraph, bukan ditulis secara terformat seperti daftar isi. Bentuk paragraphnya adalah paragraph indent biasa.

4.2.2.  Tinjauan Pustaka

Tinajuan pustaka terdiri dari landasan teori yang memuat tentang konsep teori yang berhubungan dengan penelitian dan hipotesis yang diajukan oleh penulis berdasarkan permasalahan serta definisi kensepsional

 

a.   Landasan Teori.

Landasan teori berisi uraian teori yang relevan dengan materi bahasan. Diuraikan dalam bentuk paragraph dengan mengikuti pengutipan yang telah ditentukan. Umumnya landasan teori diawali dengan membuat definisi/pengertian dari materi yang akan dibahas. Bentuk kutipan dari sumber buku/referensi dapat berupa kutipan langsung (kutipan tanpa perubahan) atau kutipan tidak langsung (kutipan dengan cara meringkas).

 

b.   Hipotesis

Hipotesis merupakan jawaban sementara dari permasalahan pada rumusan masalah yang ajukan oleh penulis. Hipotesis bisa benar atau bisa salah.

 

c.   Definisi Konsepsional

Definisi konsepsional merupakan kumpulan definisi dari landasan teori yang relevan. Definisi konsepsional merupakan definisi teori yang ditulis secara singkat, dapat juga disertakan sumber referensi yang diambil seperti membuat landasan teori.

 

4.2.3   Metode Penelitian

Metode penelitian memuat tentang metode-metode yang digunakan dalam penelitian yeng meliputi definisi operasional, rincian data yang diperlukan, teknik pengumpulan data, dan alat analisis

a.   Definisi Operasional

Definisi operasional merupakan definisi yang menguraikan variabel–variabel yang akan dianalisis. Definisi operasional didefinisikan berdasarkan pada kondisi lapangan secara ril.

b.   Rincian Data yang Diperlukan

Tampilan data-data yang diperlukan dalam penulisan tugas akhir. ditulis secara lengkap.

c.   Teknik Pengumpulan Data

Teknik pengumpulan data dituliskan secara terperinci. Cara pengumpulan data primer maupun data sekunder dari obyek penulisan tugas akhir yang dibuat Misalnya teknik observasi, studi lapangan, studi pustaka, atau wawancara.

d.   Alat Analisis

Alat analisis merupakan suatu alat yang digunakan sebagai pemecah masalah. Alat analisis dapat berupa : rumus, metode, teknik, prosedur, atau yang lain. Alat analisis harus berasal dari Konsep teori, berdasarkan pada ketentuan khusus. Sehingga harus ditulis referensinya.

4.2.4.  Hasil Penelitian

Hasil penelitian perupakan data-data yang didapat dalam peneltian yang berhubungan dengan peneltian memuat tentang gambaran umum perusahaan atau instansi, temuan masalah, penyajian data.

 

a.   Gambaran Umum Perusahaan atau Instansi

Gambaran umum perusahaan merupakan uaraian dari hal-hal yang berkaitan dengan kondisi perusahaan/Instansi tempat mahasiswa mengadakan praktek kerja lapangan atau tempat pengambilan data. Gambaran umum perusahaan terdiri dari sejarah berdirinya perusahaan instansi, Struktur Organisasi.

b.   Penyajian Data

penjabaran data yang diperlukan dalam melakukan analisis. Ditulis secara rinci dari data inti dan data pendukung.

4.2.5.  Analisis dan Pembahasan

Analisis dan pembahasan tentang hasil yang diperoleh berupa penjelasan teoritik, baik secara kualitatif, kuantitatif atau secara statistik deskriptif atau infersial serta pengujian hipotesis.

a.   Analisis

Analisis merupakan inti dalam laporan. Berisi argumentasi dan pemecahan masalah terhadap rumusan masalah yang buat sesuai dengan data yang telah ditetapkan. Alat analisis yang telah ditetapkan digunakan sebagai alat untuk mengolah atau memecahkan data. Analisis juga berisi argumentasi secara detail dari rumusan masalah yang dipecahkan.

b.   Pembahasan

Pembahasan adalah penjabaran dari analisis yang dibuat. Pembahasan dibuat secara ringkas namun jelas.

4.2.6.  Penutup

Penutup merupakan kesimpulan dari hasil analisis dan pembahasan dan saran yang diberikan oleh peneliti.

a.   Kesimpulan

Kesimpulan merupakan uraian secara singkat, ringkas dari keseluruhan tugas akhir yang dibuat. Kesimpulan harus menjawab semua permasalahan, tujuan yang dibuat, serta hipfotesis yang ditetapkan. Kesimpulan dapat diambil dari analisis dan pembahasan. Ditulis dalam kalimat hasil dalam bentuk poin-poin.

b.   Saran-Saran

Saran merupakan tindak lanjut dari analisis dan pembahasan yang telah dibuat. Saran ditujukan kepada keperusahaan atau instansi tempat penelitian. Saran merupakan Follow up dan kritikan yang bersipat membangun, harus diungkapkan secara baik dan sopan.

4.3.   Bagian Akhir

Bagian Akhir memuat daftar pustaka dan lampiran.

4.3.1.  Daftar Pustaka

Daftar Pustaka memuat pustaka yang diacu dalam penelitian dan disusun ke bawah menurut abjad nama akhir penulis pertama.

a)    Untuk buku, ditulis berturut-turut nama penulis, tahun terbit, judul buku (cetaka huruf miring), jilid, nomor terbit, nama penerbit dan kota tempat penerbitan. Dalam lembar pustaka dicantumkan nomor halaman di sebelah kanan atas.

b)    Untuk jurnal dan majalah ditulis nama penulis,tahun terbit, judul tulisan, singkatan resmi nama majalah(dengan huruf miring),jilid nomor terbit dan nomor halaman yang diacu.

c)    Untuk electronic source termasuk produk CD, electronic jurnals atau sumber-sumber informasi yang berasal dari internet, ditulis berturut-turut nama penulis, tahun di-download ,judul artikel (dengan huruf miring atau cetak bergaris,cetak tebal), alamat website.

Contoh format daftar pustaka seperti pada lampiran 11.

 

4.3.2.  Lampiran

Lampiran dipakai untuk menempatkan data yang belum diolah atau keterangan lain yang berfungsi untuk melengkapi uraian yang telah disajikan pada bagian utama tugas akhir. Dalam lampiran dicantumkan juga nomor halaman disisi atas sebelah kanan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB V

TATA CARA PENULISAN

Bab ini menetapkan jenis bahan dan ukuran naskah, tata cara pengetikan dan pemberian tanda urut/penomoran, mengatur pencantuman tabel dan gambar serta menentukan pedoman tentang ragam bahasa, cara penulisan nama dan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam tata cara penulisan tugas akhir.

5.1.    Bahan dan Pengetikan

5.1.1.    Kertas

Kertas yang dipakai HVS ukuran A4 Quarto 80 gram, berwarna putih, ditulis tidak bolak balik dengan menggunakan tinta berwarna hitam.

5.1.2.   Jenis huruf

a)    Naskah ditulis dengan huruf Arial 11 cpi (11 huruf/character per inchi) atau 28-30 baris per halaman. Penggunaan huruf persegi tidak diperkenankan.

b)    Huruf miring untuk tujuan tertentu, seperti yang diatur dalam pedoman umum Ejaan Bahasa Indonesia yang disempurnakan, jika diketik dengan huruf biasa diberi satu garis di bawahnya.

c)    Huruf tebal untuk sub judul, anak sub judul dan sub anak judul.

d)    Lambang huruf Yunani atau tanda-tanda yang tidak dapat diketik, dapat ditulis normal (biasa) dengan memakai tinta hitam.

5.1.3.   Bilangan dan Satuan

a)    Lambang bilangan ditulis dengan angka, kecuali pada awal kalimat.

b)    Satuan dinyatakan dengan singkatan resminya tanpa tanda titik  dibelakangnya. Jika belum ada singkatan resmi, maka satuan ditulis secara lengkap, Misalnya 5 m, 10 kg, 1 jam 20 menit.

5.1.4.   Jarak Baris

Jarak antara baris dibuat 2 spasi. Setiap kutipan teori yang akan dituliskan harus diketik dengan menyatukannya mengikuti kalimat awal, sedangkan jarak pengetikan tetap 2 spasi. Cara pengetikan ini berlaku baik untuk kutipan langsung maupun kutipan tidak langsung. Hanya saja, pembeda antara kutipan langsung dan kutipan tidak langsung adalah seperti berikut ini :

a)    Kutipan tidak langsung :    selalu menggunakan tanda baca koma ( , )  dan tanda petik ganda ( ” ) awal dan akhir untuk penulisan kutipan. Contoh kutipan tidak langsung sebagai berikut:

a.

            Seperti diketahui bahwa keberhasilan suatu kegiatan tidak lepas dari manajemen yang diterapkan. Untuk itu, maka setiap organisasi (perusahaan) sebelum kegiatan haruslah memahami secara jelas tentang manajemen. Berikut ini, akan diuraikan beberapa pengertian tentang manajemen.

Menurut Hasibuan dalam buku Manajemen mengemukakan bahwa, “manajemen adalah proses perencanaan, mengorganisasi, dan mengendalikan kegiatan-kegiatan anggota serta sumber daya yang lain untuk mencapai sasaran organisasi (perusahaan) yang telah ditentukan sebelumnya.” ( 2003:2)

b)    Kutipan langsung :   tanpa menggunakan tanda koma (, ) dan tanda petik   ganda ( ” ) awal dan akhir. Contoh kutipan langsung sebagai berikut:

            Seperti diketahui bahwa keberhasilan suatu kegiatan tidak lepas dari manajemen yang diterapkan. Manajemen merupakan suatu proses perencanaan,mengorganisir,memimpin,dan mengendalikan kegiatan-kegiatan anggota serta sumber daya yang lain  untuk mencapai  sasaran organisasi (perusahaan) yang telah ditentukan sebelumnya. (Hasibuan, 2003:2)

 

5.1.5.   Batas Bagian (margin)

Batas –batas pengetikan, ditinjau dari tepi kertas diatur dengan jarak sebagai berikut :

a)  Tepi atas        =  4 cm

b)  Tepi bawah    =  3 cm

c)  Tepi kiri          =  4 cm

d)  Tepi kanan    =  3 cm

5.1.6.  H a l a m a n

a)    Bagian awal Tugas Akhir, dimulai dari Kata pengantar sampai dengan akhir daftar, diberi nomor halaman dengan angka Romawi Kecil.

b)    Bagian utama dan bagian akhir, mulai dari pendahuluan sampai ke halaman terakhir, diberi nomor halaman dengan angka arab.

c)    Nomor Halaman ditempatkan di sebelah kanan atas, kecuali ada judul atau bab pada bagian atas halaman itu. Untuk halaman yang demikian nomornya ditulis ditengah halaman bagian bawah.

d)    Nomor halaman diketik dengan jarak 3 cm dari tepi kanan dan    2 cm tepi atas atau tepi bawah.

5.1.7.  Pengisian Ruang Tulis

Ruang tulis yaitu bagian halaman yang terdapat di sebelah dalam bagian. Sedapat mungkin diisi penuh, artinya penulisan dimulai dari bagian kiri sampai ke bagian kanan tanpa ada ruang yang terbuang, kecuali jika akan dimulai alenia baru, persamaan daftar rincian ke bawah, gambar, sub judul atau hal-hal yang khusus.

5.1.8.   Alenia baru, Paragraf dan Permulaan Kalimat

a.    Paragraf, adalah kumpulan kalimat yang membentangkan satu kesatuan  pokok pikiran atau mengandung satu gagasan utama dan beberapa pikiran penjelas.

b.    Alenia baru, mengawali sebuah paragraf dan dimulai dengan indentasi (masuk) 5 ketukan dari bagian kiri.

c.    Bilangan, lambang atau rumus yang memulai suatu kalimat harus dieja. Misalnya : Limapuluh mahasiswa  Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Samarinda melaksanakan bakti sosial di Desa Teluk Dalam.

d.    Alenia baru, tidak boleh diawali dengan kata sambung.

5.1.9.  Judul, sub judul, anak sub judul dan seterusnya.

a.    Judul digunakan untuk kepala bab dan ditulis pada halaman baru. tulisan BAB dan nomornya ditebalkan dan diletakkan di tengah halaman tepat pada bagian atas. Judul juga selengkapnya ditulis dengan huruf kapital yang ditebalkan dan diletakan di tengah halaman 3 spasi di bawah tulisan BAB. Kalimat pertama sesudah judul dimulai dengan alenia baru, 3 spasi di bawah baris akhir dari judul.

b.    Sub judul ditulis dimulai margin kiri, 3 spasi di bawah baris sebelumnya, semua kata dimulai dengan huruf kapital kecuali kata hubung dan kata depan, kata demi kata ditebalkan dan tanpa diakhiri tanda titik. Kalimat pertama sesudah sub judul dimulai dengan alenia baru 3 spasi di bawah sub judul.

c.    Anak sub judul ditulis mulai dari bagian kiri dengan jarak 3 spasi di bawah baris sebelumnya dengan huruf kapital hanya pada huruf pertama kata pertama, setiap kata ditebalkan dan tanpa diakhiri dengan tanda titik. Kalimat pertama sesudah anak sub judul dimulai dengan alenia baru dengan jarak 2 spasi di bawah anak sub judul.

d.    Sub anak judul ditulis dimulai dari ketikan ke – 6 dari bagian kiri, setiap kata diberi garis bawah. Kalimat pertama yang menyusul kemudian, diketik terus ke belakang pada baris yang sama dengan sub anak judul. Selain itu, sub anak sub judul dapat juga ditulis sebagai bagian/ anak kalimat yang ditempatkan di depan dengan garis bawah. Contoh Penulisan judul. Sub judul dan seterusnya seperti pada lampiran 12.

5.1.10.   Perincian ke bawah

Jika pada penulisan naskah ada perincian yang harus ditulis ke bawah, maka :

a.    Sebagai tanda urut rincian dipakai angka atau huruf abjad sesuai dengan derajad rinciannya, diikuti dengan tanda titik atau diapit tanda kurung.

b.    Huruf atau angka tanda urut rinciannya 1 tulis tepat di bawah huruf pertama baris kalimat yang berada di atasnya.

c.       Jika rincian tidak cukup ditulis dalam 1 baris maka dapat dijadikan baris kedua dan ditulis tepat dibawah huruf baris pertama.

5.1.11. Letak Simetris

 

Gambar Tabel, daftar, persamaan, judul dan sub judul ditulis simetris terhadap bagian kiri dan kanan ruang tulis.

 

5.2.  Tabel dan Gambar

5.2.1.    T a b e l

a.    Tabel diberi tanda urut dengan angka arab yang ditulis dengan format, misalnya 5.1, 5.2 dst angka didepan menunjukan BAB, angka kedua menunjukan urutan tabel.

b.    Judul tabel ditulis dengan diawali tulisan tabel beserta nomor urutnya, dengan angka arab dan tanda titik : hanya huruf pertama dari kata pertama yang ditulis denga huruf kapital dan tidak diakhiri tanda titik. Keseluruhan judul ini ditempatkan simetris di atas tabel dan jika lebih dari satu baris maka di jadikan baris ke 2 dan seterusnya ditulis mulai tepat di bawah huruf pertama judul dengan jarak 1 spasi.

c.    Tabel tidak boleh dipotong, jika terpaksa memang panjang sehingga tidak mungkin ditulis dalam satu halaman, maka pada halaman lanjutnya dicantumkan kata lanjutan tabel diikuti nomor tabel, tanpa disertai judulnya lagi. Nama-nama kolom tabel ditulis kembali.

d.    Kolom-kolom diberi nama dan dijaga agar pemisahan kolom yang satu dengan lainnya cukup jelas, tanpa garis pemisah kolom.

e.    Jarak antara lajur adalah 2 spasi, sedangkan jika lajur tidak cukup ditulis dalam 1 baris dalam kolom yang bersangkutan, maka jarak antara baris dalam satu lajur adalah 1 spasi.

f.     Jika tabel lebih besar daripada ukuran lebar naskah, sehingga harus dibuat memanjang naskah, maka bagian atas tabel diletakkan di sebelah kiri kertas atau disisi jilidan.

g.    Tabel yang dikutip dari sumber lain harus menulis sumber data dibawah tabel dengan huruf miring.

h.    Tabel diketik simetris terhadap bagian kiri kanan dan teks di atas dan di bawahnya dengan jarak masing-masing 3 spasi.

i.      Tabel yang terdiri atas lebih dari 2 halaman atau harus dilipat ditempatkan pada lampiran.

Contoh penulisan tabel seperti pada lampiran 13.

 

5.2.2.  G a m b a r

a.    Bagian laporan yang diatur sama dengan gambar adalah bagan, grafik, peta foto dan konfigurasi.

b.    Gambar dibuat dengan tinta hitan di atas kertas putih.

c.    Judul gambar ditulis 2 spasi di bawah gambar, diawali dengan gambar dan angka arab serta tanda titik, selanjutnya ditulis judul gambar dengan huruf kapital pada huruf awal kata pertama saja tanpa diakhiri tanda titik. Keseluruhan judul ini ditempatkan simetris di bawah gambar dan jika lebih dari satu baris maka dijadikan baris ke 2 dan seterusnya ditulis tepat di bawah huruf pertama nama judul dengan jarak antara baris1 spasi.

d.    Gambar diberi tanda urut dengan angka arab yang ditulis dengan format, misalnya 4.1, 4.2 dst angka didepan menunjukan BAB, angka kedua menunjukan urutan gambar.

e.    Gambar tidak boleh dipotong, jika terpaksa karena ukuran gambar lebih dari 1 halaman, maka gambar dapat dilipat yang rapi.

f.     Bila gambar dilukis memanjang halaman naskah, maka bagian atas gambar diletakkan sebelah kiri di sisi jilidan.

g.    Keterangan gambar ditulis pada tempat-tempat yang lowong dalam gambar dan tidak pada halaman lain.

h.    Skala pada grafik dibuat agar mudah dipakai untuk mengadakan interpolasi dan ekstrapolasi. Gambar yang dibuat di atas kertas grafik tidak dibenarkan, demikian pula jika kemudian kertas grafik ini ditempelkan pada kertas naskah. Untuk kurva hubungan linier, skala pada sumbu x dan y ditetapkan sedemikian rupa sehingga ada kesesuaian antara kemiringan (slope) dengan persamaan regresinya.

i.      Potret hitam puth atau berwarna ditempelkan pada kertas naskah dengan perekat yang kuat, bukan dengan plester sudut dan dapat ditempatkan pada bagian lampiran.

j.      Gambar beserta judulnya dibuat simetris terhadap bagian kiri kanan dan terhadap teks di atas dan di bawahnya dengan jarak masing-masing 3 spasi.

k.    Gambar yang dikutip dari sumber lain harus dinyatakan sumbernya, dengan menuliskannya pada akhir judul gambar.

Contoh penulisan gambar seperti pada lampiran 14.

 

 

5.3.  B a h a s a

5.3.1.    Bahasa yang digunakan

Bahasa yang digunakan untuk menulis laporan adalah Bahasa Indonesia ragam baku dengan gaya Bahasa Ke-ilmu-an yang berciri antara lain sebagai berikut:

a.    Bernada formal, nalar dan obyektif serta gagasan atau paham   dikomunikasikan secara lugas, jelas dan tepat. Istilah atau ungkapan yang digunakan tidak bermakna ganda.

b.    Tidak digunakan kata ganti orang pertama atau kedua seperti saya, aku, kami, kita , engkau dan lain-lainnya. Pada penyajian ucapan terima kasih pada Kata pengantar, saya diganti dengan penulis.

c.    Hindari ungkapan-ungkapan yang berlebihan, mubazir dan emosional.

d.    Berbentuk prosa dengan corak pemaparan (deskripsi) dan penjelasan (eksposisi).

e.    Kalimat yang digunakan harus kalimat efektif.

f.     Paragraf tidak terlalu panjang atau isi paragraf juga terlalu banyak, hal ini juga menghindari banyaknya gagasan atau ide dalam tiap-tiap paragraf.

g.    Format dan tata cara penulisan harus konsisten

5.3.2.    I s t i l a h

a.    Istilah yang dipakai adalah istilah Indonesia yang telah di Indonesiakan. Peng-indonesia-an istilah asing berpedoman pada pedoman umum Pembentukan Istilah (Lampiran II Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tanggal 27 Agustus 1975, nomor : 0196/U/ 1975).

b.    Jika terpaksa harus memakai istilah asing, maka istilah ini ditulis dengan huruf miring atau bergaris bawah.

c.    Istilah-istilah baru yang belum dibakukan dalam bahasa indonesia dapat digunakan, asal konsisten. Pada penggunaannya yang pertama kali perlu diberikan padanannya dalam bahasa asing diapit tanda kurung dengan huruf miring. Jika istilah baru ini cukup banyak jumlahnya, maka sebaiknya dibuatkan daftar istilah dalam lampiran.

 

 

5.4.  Penulisan Nama

Bagian ini memberikan pedoman tentang pengutipan nama penulis yang diacu dalam uraian dan daftar pustaka.

5.4.1.  Nama penulis yang diacu dalam uraian

a.    Penulis yang tulisannya diacu dalam uraian hanya disebutkan nama akhirnya saja.

b.    Jika terdapat dua penulis yang mempunyai nama akhir sama dan penulis pada tahun yang sama, maka untuk membedakannya di belakang tahun diberi huruf kecil a, b dan seterusnya.

c.    Jika penulisnya dua orang, maka kedua nama akhir dituliskan dengan menyelipkan kata ”dan” atau ”and” di antara kedua nama tersebut.

d.    Jika penulisnya lebih dari dua orang, maka hanya nama akhir penulis pertama yang dicantumkan diikuti dengan kata et al.

e.    Jika nama penulis tidak jelas atau tidak ada, maka ditulis anonim sebagai pengganti nama penulis.

f.     Jika kutipan bersumber dari buku suntingan atau risalah (procesending) maka yang ditulis adalah nama penulis asli bukan nama penyuntingnya.

g.    Jika kutipan bersumber dari dokumen-dokumen resmi seperti Undang-Undang, peraturan Pemerintah, Garis Besar Haluan Negara, Peraturan Daerah, Surat Keputusan dan koran, maka nama sumbernya ditulis langsung dalam teks tanda kurung dan dicetak miring.

h.    Pada akhir kutipan nama pengarang, tahun terbit dan halaman yang dikutip ditulis langsung dalam tanda kurung.

Misalnya : ”manajemen merupakan sebuah proses yang khas, yang terdiri dari tindakan-tindakan …..(Terry,1965:132)      (model Harvard system).

5.4.2.    Nama penulis dalam Daftar Pustaka

Aturan penulisan dalam daftar pustaka, seperti uraian berikut ini.

a.    Nama penulisan lebih dari satu kata

Cara penulisannya ialah nama akhir diikuti dengan tanda koma, singkatan nama depan, nama tengah dan seterusnya, yang semuanya diberi tanda titik pada singkatan nama diberi tanda koma untuk melanjutkan penulisan nama berikutnya atau bagian lainnya.

Misalnya:

1)    Adam C. Smith, Jhon Kelvin and Bernard Klauss ditulis:        Smith, A.C, J.Kelvin,dan B.Klauss

2)    Sutan Takdir Alisyahbana ditulis Alisyahbana, S.T.,

3)    Kell,W.G.,W.C.Boyton, dan R.E.Ziegler (1989). Modern Auditing. Jhon  Willey & Sons, Singapore.

b.   Nama  penulis dalam singkatan

Nama yang diikuti dan atau diawali dengan singkatan, maka singkatan itu dianggap sebagai nama tengah.

Misalnya:

1)    William D. Ross Jr. ditulis Ross,W.D.Jr.

2)    Abd. Rahman C.I ditulis Rahman,A.C.I

c.  Jika nama penulis dari sumber pustaka tidak jelas diganti dengan kata anonim.

Misalnya:

Anonim. 1950. Malin Kundang. Balai Pustaka, Jakarta.

d.  Jika sumber pustaka merupakan pedoman resmi yang diterbitkan oleh     suatu instansi, maka instansi tersebut dipakai sebagai pengganti nama penulis.

Misalnya : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI ( 1975). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan. Balai Pustaka, Jakarta.

e.   Derajat kesarjanaan tidak boleh dicantumkan

f.   Gelar tradisional atau kebangsawanan dan keagamaan dianggap  sebagai satu kesatuan dengan nama akhir.

Misalnya:

1)    Raden Suryo Negoro ditulis Negoro R.,S

2)    Raden Ma Suryodiningkrat ditulis Suryodiningkrat R.M.

3)    Pdt. Siahaan S.Th ditulis Siahaan Pdt.

4)    K.H. Raden Mas Mansyur ditulis Mansyur K.H.R.M

Lampiran 1 : Contoh Sampul Depan (Cover)

 

ANALISIS FAKTOR EKSTERNAL DAN INTERNAL YANG MEMPENGARUHI

KEPUTUSAN MAHASISWA MELANJUTKAN STUDI PADA

POLITEKTNIK NEGERI SAMARINDA

Laporan Tugas Akhir ini

Diajukan sebagai persyaratan untuk menyelesaikan

Program Pendidikan Diploma III

Pada

 

Jurusan             : Administrasi Bisnis

Program Studi  : Administrasi Bisnis

 

POLITEKNIK NEGERI SAMARINDA

 

 

 

 

Oleh :

 

Dewi Nina Kirana

NIM. 06 622 000

JURUSAN ADMINISTRASI BISNIS

POLITEKNIK NEGERI SAMARINDA

2009

Lampiran 2 : Contoh Halaman Judul

 

ANALISIS FAKTOR EKSTERNAL DAN INTERNAL YANG MEMPENGARUHI

KEPUTUSAN MAHASISWA MELANJUTKAN STUDI PADA

POLITEKTNIK NEGERI SAMARINDA

Laporan Tugas Akhir ini

Diajukan sebagai persyaratan untuk menyelesaikan

Program Pendidikan Diploma III

Pada

Jurusan             : Administrasi Bisnis

Program Studi    : Administrasi Bisnis

POLITEKNIK NEGERI SAMARINDA

Oleh :

Dewi Nina Kirana

NIM. 00 622 000

JURUSAN ADMINISTRASI BISNIS

POLITEKNIK NEGERI SAMARINDA

2009

Lampiran 3 : Contoh Halaman Pengesahan

HALAMAN PENGESAHAN

 

 

JUDUL                        :

NAMA                         :

NIM                             :

JURUSAN                  :

PROGRAM STUDI    :

Laporan Tugas Akhir  ini

Telah di terima dan di sahkan

Pada Tanggal,……Agustus 2009

POLITEKNIK NEGERI SAMARINDA

Menyetujui,

Pembimbing II                                                 Pembimbing I

_________________                                                  _________________

NIP. ……………………..                                                  NIP. ……………………..

Mengetahui,

Direktur Politeknik Negeri Samarinda

_________________

NIP. ……………………..

Lampiran 4 : Contoh Halaman Persetujuan

HALAMAN PERSETUJUAN

 

 

 

JUDUL                        :

NAMA             :

NIM                             :

JURUSAN                  :

PROGRAM STUDI    :

Laporan Tugas Akhir ini

Telah Diujikan Dan Disetujui

Pada Tanggal,……Agustus 2009

Penguji            I           :  ……………………….                      …(tanda tangan)…

Penguji            II          :  ……………………….                      …(tanda tangan)…

Penguji            III         :  ……………………….                      …(tanda tangan)…

Mengetahui,

Ketua Jurusan Administrasi Bisnis

Politeknik Negeri Samarinda

_________________

NIP. ……………………..

Lampiran 5 : Contoh Ringkasan

 

RINGKASAN

            Dewi Nina Kirana, Jurusan Administrasi Bisnis, Politeknik Negeri Samarinda, 15 Desember 1978. Analisis Faktor Eksternal Dan Internal Yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Melanjutkan Studi Pada Politeknik Negeri Samarinda. Pembimbing I Gunadi, SE. MSi. Pembimbing II Erlyn Nurba, SE. MM.

Dalam masa sekarang yang persaingan sangat ketat sekali disegala bidang, menuntut kesiapan sumber daya manusia berkulitas yang memiliki keunggulan kompetitif. Untuk menyiapkan semua itu hanya diperoleh melalui pendidikan yang bermutu. Maka berdirilah Politeknik Negeri Samarinda (POLNES). Selama perkembangan Politeknik Negeri Samarinda banyak mengalami kendala-kendala salah satunya adanya penurunan jumlah mahasiswa yang diterima dalam empat tahun terakhir. Berdasarkan hal tersebut sehingga peneliti ingin meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan mahasiswa melanjutkan studi pada Politeknik Negeri Samarinda.

Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis dan mengidentifikasi faktor eksternal (produk, harga, promosi, lokasi, kebudayaan, kelas sosial, kelompok referensi, keluarga, personal traits, proses dan kondisi fisik) dan faktor internal (motivasi, persepsi, pembelajaran dan sikap) baik secara simultan dan parsial mempengaruhi keputusan mahasiswa melanjutkan studi pada Politeknik Negeri Samarinda, dan untuk menganalisis dan mengidentifikasi faktor yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan mahasiswa dalam  melanjutkan studi pada Politeknik Negeri Samarinda.

Hasil penelitian menunjukkan dari faktor eksternal dan internal yang terdiri 15 variabel dengan melakukan analisis regresi, maka faktor eksternal (produk, harga, promosi, lokasi, kebudayaan, kelas sosial, kelompok referensi, keluarga, personal traits, proses dan kondisi fisik) dan faktor internal (motivasi, persepsi, pembelajaran dan sikap) secara simultan mempengaruhi keputusan mahasiswa dalam  melanjutkan studi pada Politeknik Negeri. Faktor eksternal (produk, harga, lokasi, kebudayaan, kelompok referensi, keluarga, dan kondisi fisik) dan faktor internal (motivasi, persepsi, pembelajaran dan sikap) secara parsial mempengaruhi keputusan mahasiswa dalam melanjutkan studi pada Politeknik Negeri Samarinda, dan faktor eksternal (promosi, kelas sosial, personal traits dan proses) secara parsial tidak mempengaruhi keputusan mahasiswa dalam  melanjutkan studi pada Politeknik Negeri Samarinda. Sementara variabel harga merupakan variabel dominan yang mempengaruhi keputusan mahasiswa dalam  melanjutkan studi pada Politeknik Negeri Samarinda.

Berdasarkan penelitian ini sarankan kepada manajemen Politeknik Negeri Samarinda untuk meningkatkan peran promosi, pimpinan dan staf pengajar yang berkualitas, mekanisme pelayanan, serta mempertahankan biaya kuliah dengan melihat kondisi pendapatan orang tua mahasiswa.

 

Lampiran 6 : Contoh Kata Pengantar

 

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa dengan selesainya Tugas Akhir ini.

Gagasan yang melatari penulisan tugas akhir ini timbul dari hasil pengamatan penulis terhadap adanya penurunan penerimaan mahasiswa baru pada Politeknik Negeri Samarinda. Sehingga perlunya mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan mahasiswa melanjutkan studi pada Politeknik Negeri Samarinda.

Oleh karena itu dengan tugas akhir ini penulis bermaksud memberikan gambaran upaya yang dilakukan untuk meningkatkan penerimaan mahasisawa baru Politeknik Negeri Samarinda.

Banyak kendala yang dihadapi oleh  penulis dalam rangka penyusunan tugas akhir ini dan hanya berkat bantuan berbagai pihak maka tugas akhir ini selesai pada waktunya.

Untuk itu penulis dengan tulus menyampaikan terima kasih kepada Bapak/ibu …………… pembimbing I, Bapak/ibu …………………sebagai pembimbing II serta Bapak/ibu ……………selaku Ketua Jurusan Administrasi Bisnis dan Bapak/ibu ………. Selaku Direktur Politeknik Negeri Samarinda atas bantuan dan bimbingan yang telah diberikan sampai dengan penulisan hasil  tugas akhir ini selesai.

Terima kasih juga disampaikan kepada Bapak …….. selaku Direktur Poliiteknik Negeri Samarinda beserta staf yang telah membantu memberikan data dan informasi yang diperlukan dalam penulisan ini, serta saudara ………. yang telah banyak membantu penulis.

Semoga tugas akhir ini bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya pengembangan ilmu manajemen.

Samarinda,           Agustus 2009

Penulis

Dewi Nina Kirana

NIM 00 622 000

Lampiran 7 : Contoh Daftar Isi

 

DAFTAR ISI

    Halaman

HALAMAN JUDUL   ……………………………………………………………  i

HALAMAN PENGESAHAN……………………………………………………  ii

HALAMAN PERSETUJUAN………………………………………………………….…  iii

KATA PENGANTAR……………………………………………………………  iv

DAFTAR ISI……………………………………………………………………. v

DAFTAR TABEL……………………………………………………………….  vi

DAFTAR GAMBAR…………………………………………………………….            vii

DAFTAR LAMPIRAN…………………………………………………………..  viii

BAB I     PENDAHULUAN

1.1.    Latar Belakang………………………………………………..  1

1.2.    Perumusan Masalah…….……………………………………  4

1.3.    Tujuan Penelitian………….………………………………….   6

1.4.    Sistimatika Penulisan…..…………………………………….. 7

BAB II     TINJAUAN PUSTAKA

Landasan Teori……………..…………………………………     8

2.1.1. Pengertian Pemasaran…………………..……………  8

2.1.2. Konsep Pemasaran ………………………..……………..  15

2.2.   Hipotesis…………..…..…………..…………………………..  20

2.3.   Definisi Konsepsional………………………………………..   21

BAB III    METODE PENELITIAN

Kerangka Kongsep Penelitian ..……………………………   31

Perincian Data Yang Diperlukan..………………………….   32

Teknik Pengumpulan Data………………………………………   35

Alat analisis……………………………………………………   36

BAB IV.  HASIL PENELITIAN

4.1.   Gambaran Umum Perusahaan………………………………  45

4.2.   Temuan Masalah…………………..…………………………….   45

4.3.   Penyajian Data………….………………………………………  45

BAB V.  ANALISIS DAN PEMBAHASAN

5.1.   Analisis……………………………………………..…………………    50

5.2.   Pembahasan……….………………………………………….    55

BAB VI.  KESIMPULAN DAN SARAN

6.1.   Kesimpulan………………………………….…………………   59

6.2.   Saran-saran…..……………………………………………….   60

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN-LAMPIRAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 8 : Contoh Daftar Tabel

 

DAFTAR TABEL

 

No                                                       Judul                                                Halaman

1.1.          Lembaga Program Pendidikan Profesional di Kota Samarinda

Tahun 2005……………..……………………………………….….            2

1.2.      Jumlah Mahsiswa Berdasarkan Jurusan Politeknik Negeri

Samarinda Tahun Akademik 2004/2005….…………………..            4

3.1.      Karakteristik Responden Berdasarkan Jenis Kelamin……….           32

3.2.      Karakteristik Responden Berdasarkan Tahun Masuk……….           34

3.3.      Karakteristik Responden Berdasarkan Asal Sekolah….…….           35

3.4.      Karakteristik Responden Berdasarkan Asal Daerah…..…….           37

4.1.      Distribusi Frekwensi Indikator Variabel Status……………….           40

4.2.      Distribusi Frekwensi Indikator Variabel Nama…….………….           42

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 9 : Contoh Daftar Gambar

 

DAFTAR GAMBAR

 

N0                                                       Judul                                                Halaman

1.1.      Model Penawaran Jasa Pendidikan Tinggi………………………         5

2.1.      Model Perilaku Konsumen…………………….………………….         19

2.2.        Kerangka Kongsep Penelitian…………………………………….         31

3.1.        Model Hipotesis…………………………………………………….        34

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 10 : Contoh Daftar Lampiran

DAFTAR LAMPIRAN

 

N0                                                       Judul                                                Halaman

1.            Kuesioner Penelitian………………………..………………………        61

2.            Data Penelitian………………………………………………………        66

3.            Distribusi Frekwensi………………………………………………..         70

4.            Uji Validitas………………………………………………………….         73

5.            Uji Realibilitas………………………………………………………..        74

6.            Uji Regresi Berganda……………………………………………….        75

7.            Uji Asumsi Klasik……………………………………………………        80

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 11 : Contoh Daftar Pustaka

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Alma, Buchari. 2006. Menajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Alfabeta, Bandung.

Alma, Buchari. 2006. Pemasaran Staratejik Jasa Pendidikan, Alfabeta, Bandung.

Arikunto, Saharsimi 2005. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek, Rineka Cipta, Jakarta.

Burka, Lauren P. 2004. ‘A Hypertext History of Multi-User Dimension.’ MUD Hystory. http://www.ccs.neu.edu/home/ipb/mud-hystory.html

Dharmamesta, B. S. & Handoko T. H. 2006. Manajemen Pemasaran, Analisa Perilaku Konsumen, Edisi Pertama, Cetakan Ketiga, Penerbit BPFE Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Engel, J. F. Blackwell, Roger D. & Paul W. Miniand. 2004. Perilaku Konsumen, Alih bahasa Budiyanto, F. X. Jilid 1. dan 2 Bina Aksara, Jakarta.

Husein, Umar. 2006. Metodologi Penelitian Aplikasi Dalam Pemasaran, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Kotler, Philip. 2006, Marketing Management, The Millennium Edition, Prentice Hall Internasional, Inc. New Jersey.

Naresh, K. Maholtra. 2006. Marketing Research, An Applied Orientation, Third Edition, Prentice Hall, Inc. Upper Saddle River, New Jersey.

Payne, Adrian. 2006. The Assence Of Service Marketing, Prentince Hall Internasional Newcastle (UK) Ltd.

Surat Keputusan Dirjen Dikti No. 80/Dikti/Kep/1985. Tentang Pengembangan, Penyelenggaraan Pendidikan Politeknik di Indonesia, Jakarta.

Stanton, W. J. 1996. Prinsip Pemasaran, Ahli Bahasa Sadu Sundaru, Edisi Ketuju, Jilid 2, Erlangga, Jakarta.

 

 

 

 

 

 

Lampiran 12 : Contoh Penulisan Judul, Sub Judul dan Seterusnya

 

 

BAB I

JUDUL PERTAMA

1.1.  Sub Judul Pertama

Kalimat pertama sesudah sub judul ditulis sebagai alinea baru, 3 spasi di bawah sub judul.

1.1.1  Anak – Sub Judul Pertama

Kalimat pertama sesudah anak sub judul mulai dengan alenia baru, 2 spasi di      bawah anak sub judul.

a.  Sub-Anak-Sub Judul Pertama, Kalimat pertama yang segera menyusul ditulis sebaris dibelakang Sub-anak-sub judul.

Disamping itu anak-anak sub judul dapat ditulis berupa kalimat dengan menempatkan bagian yang berfungsi sebagai sub-anak-sub judul di awal kalimat dan ditulis dengan huruf tebal.

Dapat dilakukan seperti :

I, II, III, Iv,

A, B, C, D,

1, 2, 3, 4,

a, b, c, d,

I, ii, Iii, iv,

1), 2), 3), 4),

a), b), c), d),

 

 

Lampiran 13 : Contoh Format Tabel

 

Tabel.1.2: Jumlah  mahasiswa baru  dan jumlah  mahasiswa keseluruhan Politeknik Negeri Samarinda Tahun Akademik 2001/2002 sampai dengan 2004/2005

No.

Tahun Akademik

Mahasiswa Baru

Jumlah Mahasiswa

1

2

3

4

2001/2002

2002/2003

2003/2004

2004/2005

762

608

603

425

2030

1989

1886

1550

    Sumber : Politeknik Negeri Samarinda (2005)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 14 : Contoh Format Gambar

Umpan bailk bagi konsumen

(Evaluasi pasca pembelian)

Individuali Konsumen Variabel

Gagasan     (Kebutuhan, Sikap

Dan Persepsi)

Karateristik (Demografi, Gaya

Hidup, dan

Kepribadian)

Pengaruh Lingkungan

Budaya

Sub Budaya                                                  Keputusan                           Tanggapan

Kelas Sosial                                                  Konsumen                           Konsumen

Kelompok Referensi

Situasi

Aplikasi Perilaku Konsumen

Untuk Aplikasi Marketing Mix

Strategi Marketing Mix

Produk

Harga

Distribusi

Promosi

Umpan balik bagi pemasaran

Gambar.  2.3: Model Perilaku Konsumen (Assael, 2006)


No Responses

Calendar

April 2014
M T W T F S S
« Dec    
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

About

Hello World

Slideshow

Get the Flash Player to see the slideshow.

Media

Categories

Twitter

Syndication

Authors

abdullah adull RSS feed (17)
Stop censorship